PERISTIWAPeristiwa

Pakai Baju Adat Nasional, SMPN 2 Ponorogo Gelorakan Semangat Sumpah Pemuda

PONOROGO, PewartaTV – Guna menjaga persatuan dan kesatuan dalam berbudaya serta mengenang tingginya rasa kebangsaan para pemuda Indonesia pada masa penjajahan, pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Ponorogo, mengenakan pakaian adat untuk memperingati hari Sumpah Pemuda ke-94, Jum’at (28/10/2022).

Pakaian adat yang dikenakan siswa – siswi SMPN 2 yang berada di kawasan Jalan Basuki Rahmat Ponorogo tersebut berasal dari pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera, Kalimantan, Bali dan wilayah timur. Tentunya, pakaian adat tersebut untuk menunjukkan keanekaragaman budaya dan persatuan Indonesia atau Bhinneka Tunggal Ika.

Kepala Sekolah SMPN 2 Ponorogo, Imam Saifudin mengatakan bahwa momen peringatan Sumpah Pemuda ini sebagai pembelajaran kepada siswa siswi agar lebih mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dengan memakai pakaian adat nusantara ini anak – anak memiliki semangat Kebhinekaan, sehingga mereka tau ragam budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” kata Imam Saifudin.

Menurutnya, semangat persatuan dan kesatuan antar siswa di lingkungan sekolah harus tetap dijaga. Selain itu, semangat juang dalam isi Sumpah Pemuda juga bisa menjadi contoh nyata bagi generasi muda saat ini terutama para pelajar untuk mengambil langkah dalam mengisi kemerdekaan.

“Anak – anak juga kita berikan edukasi, utamanya sebagai generasi penerus bangsa untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa sehingga kedepannya mereka mempunyai jiwa nasionalisme yang kuat dan mampu menghadapi tantangan di masa yang akan datang,” jelasnya.

Sementara itu, menurut Beryl Atha Sava Annara, salah satu siswa Kelas VII SMPN 2 Ponorogo mengatakan, ada banyak hal dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, salah satunya dengan memakai pakaian adat nasional seperti ini. Sebagai pelajar, tentunya ini bisa menjadi penyemangat belajar dalam mengisi kemerdekaan.

“Dengan semangat Sumpah Pemuda, kita sebagai pelajar sekaligus generasi penerus bangsa tentunya siap menghadapi tantangan di era digital ini dengan tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta belajar dengan rajin,” pungkasnya. (ns)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button