Peristiwa

Kembalikan Kejayaan Batik Ponorogo, TP-PKK Gelar Lomba Desain Batik 2021

Ponorogo, Pewarta – Dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Tim Penggerak PKK Kabupaten Ponorogo menggelar Lomba Desain Batik 2021 tingkat SLTA Sederajat yang berlangsung di Pendopo Agung Ponorogo, Sabtu (02/10/2021).

Lomba yang dibuka langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Susilowati dan didampingi Bupati Sugiri Sancoko tersebut diikuti sebanyak 24 tim yang tiap timnya terdiri dari dua siswa ataupun siswi SLTA Sederajat dari seluruh wilayah di Ponorogo.

Menurut Susilowati, Ponorogo dulunya merupakan sentra batik yang sangat terkenal. Nah, saat ini pihaknya ingin mengembalikan lagi kejayaan batik Ponorogo dengan menggandeng kalangan pelajar agar menjadi penerus dimasa mendatang.

“Lomba desain batik ini kami gelar dengan tujuan meregenerasi lagi pembatik – pembatik junior agar batik Ponorogo bisa berkembang kembali,” ujar Susilowati.

Susilowati, Ketua TP PKK Ponorogo

Menurutnya, batik Ponorogo yang dulunya sangat terkenal sempat mengalami mati suri. Namun, seiring waktu keberadaan batik Ponorogo mulai menggeliat kembali. Sehingga pihaknya menggandeng beberapa pihak terkait untuk menggelar lomba desain batik tersebut.

“Kami inginnya tidak hanya bangkit, tapi bisa kembali luar biasa seperti dulu lagi. Bahkan menjadikan batik Ponorogo menjadi tujuan wisata seperti di Solo Jogja dan Pekalongan,” tandasnya. (ns)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button