Serba - serbi

Gemarikan 2021, Pemkot Gelar Pameran Olahan Ikan dan Serahkan Bantuan Olahan Ikan

Kota Madiun, Pewarta – Pemerintah Kota Madiun menggelar Pameran Olahan Ikan dan Serahkan Bantuan Olahan Ikan.Hal tersebut dilakukan untuk mendorong  masyarakat untuk gemar menkonsumsi ikan. Salah satunya dengan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Acara tersebut berlangsung di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Madiun . Sabtu (26/6/2021).

‘’Tingkat konsumsi ikan di kota kita masih cukup rendah. Yakni, 15,5 kilogram perkapita pertahun. Karenanya butuh upaya dan dorongan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat,’’ kata Sekda Rusdiyanto mewakili Wali Kota Madiun saat kegiatan Pembukaan Gelar Olahan Ikan dan Simbolis Penyerahan Produk Olahan Ikan dalam rangka Gemarikan tersebut.

Rusdiyanto mendorong lebih banyak lagi produk olahan ikan agar semakin digemari masyarakat khususnya anak-anak. Gelar olahan ikan bersama UMKM binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian terus dimaksimalkan. Salah satunya, melalui pendampingan dan pelatihan, pameran, hingga perlombaan.

Selain itu, potensi perikanan juga perlu ditingkatkan. Hasil produksi tangkap perikanan perairan umum di Kota Madiun setidaknya mencapai 87,8 ton per tahun. Sedang, hasil perikanan budidaya mencapai 275,3 ton pertahun. Sekda menyebut berbagai program diberikan guna mendorong dan meningkatkan kesejahteraan petani ikan tersebut. Mulai bantuan bibit hingga pakan.

‘’Peningkatan konsumsi dan produksi ikan ini butuh pemikiran kita bersama. Karenanya, berbagai kegiatan terus dilakukan guna mewujudkan hal tersebut,’’ jelasnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Muntoro Danardono menyebut kegiatan Gelar Olahan Ikan terbagi dalam dua tahap. Yakni, pada 26-27 Juni di Lapak UMKM Donopuran dengan diikuti 15 UMKM dan pada 2 Oktober di Lapangan Olahraga Gulun dengan diikuti 20 UMKM produk olahan ikan binaan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian.

‘’Pada prinsipnya pemerintah terus berupaya mendorong masyarakat untuk gemar menkonsumsi ikan dan pelaku usaha perikanan untuk meningkatkan produksinya,’’ pungkasnya.

Dalam kegiatan juga diserahkan 720 paket olahan ikan kepada stunting, balita, pelajar, ibu hamil, ibu menyusui, dan lansia di tiga kecamatan. (ik/diskominfo)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button