Serba - serbi

Berharap Jadi Percontohan, Gus Menteri Resmikan BUMDesma Badegan Lestari

Ponorogo, Pewarta – Keberadaan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) mendapat apresiasi yang luar biasa dari Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar.

Hal ini, diungkapkan oleh Menteri Desa PDTT tersebut saat meresmikan kantor BUMDesma ‘Badegan Lestari’ yang berada di kawasan Jalan Raya Ponorogo-Wonogiri.

Dalam kesempatan tersebut, Abdul Halim Iskandar atau yang akrab disapa Gus Menteri ini hadir didampingi Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid, Dirjen PDP Sugito serta Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko beserta jajarannya.

 Menurutnya, bangunan yang telah diresmikan tersebut adalah gedung yang merupakan proses dari transformasi Unit Pengelolaan Kegiatan (UPK) eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri menjadi BUMDesma.

“BUMDesma Badegan Lestari ini merupakan sesuatu yang baru pertama kali saya temukan. Saya berharap nantinya dapat diikuti oleh kabupaten-kabupaten lainnya,” ungkap Abdul Halim Iskandar.

Didik Suyanto, Komisaris BUMDesma Badegan Lestari

Dirinya menambahkan bahwa transformasi UPK eks PNPM mandiri menjadi BUMDesma adalah yang paling tepat. Pasalnya, BUMDesma itu asetnya masyarakat yang secara hukum diwakili keberadaannya oleh pemerintah desa dengan membangun kerjasama antar desa dalam mendirikannya.

“Adanya Undang-Undang Cipta Kerja, menjadikan posisi badan hukumnya semakin jelas. Tetap di kecamatan itu, asetnya tetap tidak menjadi aset desa, tetapi aset warga desa, namun dalam badan hukumnya diwakili oleh pemerintah desa, semoga BUMDesma Badegan Lestari bisa berkembang dan mampu mengangkat laju perekonomian di wilayah Ponorogo,” imbuhnya.

Sementara itu, Komisaris BUMDesma Badegan Lestari, Didik Suyanto menegaskan bahwa berdirinya BUMDesma ini tidak akan berbenturan dengan BUMDes di tiap desa yang sudah ada sebelumnya. Didik yakin, hal ini nantinya justru bisa membuat laju perekonomian di wilayah Badegan akan lebih berkembang dengan pesat.

“BUMDesma ini secara hukum sudah jelas seperti yang disampaikan Gus Menteri. Jadi, tidak akan berbenturan dengan BUMDes yang sudah ada. Terima kasih kepada Gus Menteri yang sudah berkenan hadir untuk meresmikan gedung kantor BUMDesma Badegan Lestari ini,” tandasnya.

Diketahui, BUMDesma Badegan Lestari yang merupakan transformasi UPK eks PNPM mandiri ini diikuti oleh 10 BUMDes yang tersebar di Kecamatan Badegan yakni Desa Karangjoho, Kapuran, Dayakan, Karangan, Tanjunggunung, Tanjungrejo, Bandaralim, Biting, Watubonang, serta Desa Badegan sendiri. (ns)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button